Cara mengelola keuangan untuk Masa Persiapan Pensiun

Membuat rencana keuangan sebelum masuk masa pensiun adalah hal penting yang harus dilakukan jika Anda mengharapkan masa istirahat Anda tidak terganggu oleh biaya hidup. Banyak yang terjadi, calon pensiunan terlalu sibuk dan enggan meluangkan waktu untuk mempersiapkan masa pensiunnya. Mereka tidak memiliki program pensiun dan menunggu terlalu lama untuk menabung dana pensiun. Jika Anda termasuk golongan tersebut, segera keluar dari zona itu dan mulai sekarang juga untuk merencanakan dana pensiun Anda.

Tips berikut ini dapat Anda terapkan untuk merencanakan finansial sebelum masuk masa pensiun :

  • Lakukan pengehamatan

Membelanjakan uang untuk memenuhi keinginan sesaat akan merusak kebutuhan di masa mendatang. Terlebih jika Anda membelanjakan uang hanya untuk membuat orang lain terkesan, hal itu hanya akan mendatangkan penyesalan. Pakailah dana Anda untuk hal-hal yang lebih bermanfaat bagi masa tua Anda nanti, sisihkanlah untuk menabung atau berinvestasi.

  • Membuat Daftar Anggaran

Biaya pengeluaran yang tidak dicatat seringkali membuat kita lupa diri dan akhirnya menguras tabungan atau gaji di akhir bulan. Oleh karena itu, Anda harus membuat daftar anggaran untuk merincikan biaya pemasukan dan pengeluaran agar penggunaannya lebih efektif.

  • Lunasi Hutang

Tidak akan tenang rasanya jika masa pensiun masih dibayang-bayangi oleh hutang. Hutang yang tidak terkontrol bisa menjadi bagian dari kecerobohan finansial Anda di masa lalu dan pastinya akan berdampak buruk di masa mendatang. Kalau kita memiliki hutang, alangkah baiknya bila kita segera melunasi hutang tersebut. Hutang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan Anda secara teratur. Jadi, tidak ada salahnya melunasi hutang sebelum masuk masa pensiun.

  • Mulailah Menabung

Yang terbaik saat ini adalah mulai mengumpulkan dana sedikit demi sedikit, memotong pengeluaran yang tidak perlu untuk. Tidak mudah untuk membiasakan diri menabung, solusinya adalah Anda bisa mengikuti tabungan berjangka ataupun mengotomatiskan beberapa persen uang gaji terpotong setiap bulannya. Dengan begitu tidak perlu memikirkan lagi soal perhitungan tabungan.

  • Siapkan Dana Darurat

Saat merencanakan dana pensiun, mungkin Anda memikirkan soal biaya hidup seperti kebutuhan rumah tinggal dan kebutuhan hidup lainnya. Akan tetapi bagaimana jika Anda harus mengeluarkan dana untuk kejadian tak terduga misalnya seperti perawatan rumah, kecelakaan atau jatuh sakit. Tentunya Anda tidak ingin mengalaminya, tetapi hal itu bisa saja terjadi pada Anda, oleh karena itu Anda harus menyiapkan dana darurat sehingga Anda tidak perlu membobol dana pensiun. Mengikuti program asuransi pemerintah maupun swasta dapat dilakukan untuk melindungi diri dari kondisi darurat yang bisa saja muncul tanpa kita prediksi sebelumnya.

  • Miliki Penghasilan Pasif

Memiliki penghasilan tambahan dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan Anda,  tidak hanya beruntung dalam aspek keuangan, namun juga dalam memberdayakan sisa kemampuan Anda mengelola sesuatu.

Berikut diatas adalah poin-poin yang dapat Anda terapkan sebagai salah satu persiapan masa pensiun. Memasuki masa pensiun memang bukan hal yang mudah, tetapi apabila Anda sudah menyiapkannya jauh-jauh hari maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda hanya perlu menjalankan rencana yang sudah dibuat dan menikmati masa pensiun dengan bahagia.

Selain hal diatas, akan sangat membantu bila calon pensiun diberi program pelatihan Masa Persiapan Pensiun, agar masa pensiun dapat dilalui dengan tenang dan nyaman. Dengan memberi pelatihan ini, perusahaan maupun instansi dapat memberikan kesempatan bagi calon pensiunan untuk bisa mempersiapkan kebutuhan mereka dalam menjalani masa pensiun yang sejahtera. Maximum Life Group telah banyak berpengalaman dalam memberikan pelatihan Masa Persiapan pensiun. Dipandu langsung oleh coach proffesional untuk membekali para peserta dengan membangun kesiapan mental, intelektual, juga spiritual dalam mempersiapkan calon pensiun agar lebih matang. Anda dapat menghubungi kami dinomor hotline +62 877 – 3507 – 8989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *